Bukalapak

7 Tips Meningkatkan Penghasilan dengan Jual Jasa Ilustrator

7 Tips Meningkatkan Penghasilan dengan Jual Jasa Ilustrator

Di dunia kerja, hanya ada 2 jenis usaha dengan jumlah massa yang besar. Pertama, usaha di bidang produksi barang (ritel). Kedua, usaha di bidang jasa. Salah satunya adalah jasa ilustrator yang hendak kita bahas. Untuk meningkatkan penghasilan di bidang desain ilustrasi, silakan terapkan 7 tips ini.

  1. Tetapkan Tujuan Utama Anda

Desain ilustrasi itu tidak hanya soal menggambar. Di era yang serba internet ini, pilihan bidang pekerjaan sangatlah luas. Semakin spesifik tujuan Anda membangun karir di bidang ilustrasi, maka semakin fokus ke depannya. Biasanya, seorang desainer ilustrasi lebih memilih terlibat kampanye iklan suatu brand.

  1. Langsung Jual ke Klien atau lewat Perantara?

Saat ini ada beberapa marketplace besar yang menyediakan beragam pilihan desainer andal. Salah satunya Fastwork. Di marketplace tersebut, Anda bisa meng-handle klien secara langsung. Tidak hanya itu. Anda juga bisa menawarkan serta menjual jasa desain ilustrasi ke klien secara langsung ketika sudah punya cukup portofolio.

  1. Memahami Media Apa Saja yang Dibutuhkan

Penggunaan desain ilustrasi itu sangat beragam. Jika ilustrasi tersebut nantinya ditampilkan dalam sampul CD, maka cukup bikin dengan Adobe Illustrator. Kemudian Anda konversi ke Photoshop sekaligus edit jika diperlukan. Berbeda jika hasil desain ilustrasi Anda akan ditampilkan ke papan reklame. Maka, ekstensi yang cocok hanya berbasis vektor via AI.

  1. Menjual di Situs Website Saham untuk Sampingan

Jika Anda memiliki koleksi desain ilustrasi, tak ada salahnya untuk ditampilkan di situs website saham. Apa maksudnya? Ketika Anda mengisi portofolio di situs tersebut, secara otomatis tidak akan berurusan dengan klien. Begitu klien mengunduh atau menggunakan ilustrasi tersebut, maka Anda akan mendapat persenan uang dari situs tersebut.

  1. Gabung dengan Agensi untuk Mengembangkan Skill

Jual jasa ilustrator di zaman sekarang itu sangat mudah. Tanpa harus bersentuhan dengan klien di luar negeri sekalipun, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan dari hasil transaksi. Bila Anda berkeinginan belajar sekaligus mengembangkan keterampilan. Hanya saja, Anda perlu mendaftar dan memenuhi persyaratan dari pihak agen.

Apa keuntungannya gabung dengan agen? Pertama, Anda tidak perlu mencari klien sendiri. Kedua, Anda bisa menjalin hubungan lebih mendalam dengan para desainer dalam satu tim. Ketiga, bisa dijadikan portofolio untuk memperluas jangkauan bisnis jasa Anda kelak. Keempat, bisa meningkatkan nilai plus reputasi Anda di hadapan calon klien.

  1. Desak Diri Sendiri untuk Terus Maju

Di awal karir sebagai seorang ilustrator, barangkali banyak yang memandang Anda remeh. Tidak hanya dari lingkungan sekitar. Bahkan bisa jadi datang dari keluarga sendiri. Setelah berhasil menggapai mimpi, Anda akan dihadapkan dengan tantangan baru yang lebih sulit. Salah satunya harus mengatasi “zona nyaman” dan harus mendesak diri untuk terus maju.

  1. Update Informasi seputar Perkembangan Bisnis Desain Ilustrasi

Cara paling mudah untuk update informasi adalah dengan rajin menyimak posting-an dari para pakar di industri yang Anda geluti. Jadikan mereka role model dan serap setiap ilmu yang dibagikan. Sempatkan waktu untuk update informasi minimal 1 jam tiap hari. Meskipun Anda kebanjiran job, selalu sempatkan untuk menyerap ilmu baru dan praktikkan segera.

Saat jasa ilustrator Anda mulai memiliki banyak peminat, syukuri sesegera dulu. Sebab, di luar sana, masih banyak orang yang bahkan untuk makan sesuap nasi per hari saja sulit. Sedangkan Anda sudah bisa memiliki pekerjaan sendiri dan job yang datang bisa dikerjakan dari rumah. Dengan adanya internet, para freelancer benar-benar sangat diuntungkan.