Bukalapak

BMW Seri 3 Hadir dengan Mata Lampu yang Tajam

BMW X3

Berbicara mengenai compact SUV, tentu saja sudah banyak sekali merek dan produk yang ditawarkan. Namun, bagaimana dengan sebuah compact SUV mewah. Inilah yang coba ditawarkan Porsche dengan Macan-nya. Meskipun kelas ini sudah diisi oleh Mercedes GLC, BMW X3 dan Audi SQ5, namun Porsche menawarkan sesuatu yang lebih, yakni prestise. Seperti yang Anda tahu, Porsche merupakan produsen mobil sport Jerman. Meskipun, ketiga kompetitornya juga berasal dari negara yang sama dan juga sama-sama menawarkan produk mewah, cita rasa yang dimiliki Porsche sedikit berbeda.

Kali ini, BMW akan segera memperkenalkan seri 3 terbaru pada Paris Motor Show. Dari yang terlihat, seri 3 generasi ke-7 ini mengalami cukup banyak perubahan, tidak hanya pada sisi eksterior saja, tetapi juga peningkatan tenaga, sistem informasi dan hiburan, juga fitur keselamatan yang lebih baik. Seperti terlihat pada eksterior, BMW mendesain lampu dengan adanya penambahan lekukan di bagian bawah, mengikuti rumah lampu pada setiap sisinya. Jenis desain seperti ini sebelumnya sudah digunakan pada mobil pabrikan Perancis, yakni Peugeot.

BMW mengatakan mobil ini akan muncul di dealer pada Maret 2019. Untuk pasar Indonesia sendiri, masih belum ada informasi secara gamblang. Berbedaan dengan Harga BMW X3 atau seri X lainnya, Untuk Harga Pada seri ini dipatok pada $40,250 atau sekitar 590 juta rupiah untuk versi roda penggerak belakang, sedangkan untuk model AWD, yakni 330i xDrive akan dijual pada kisaran harga $42,250 atau sekitar 620 juta rupiah. Untuk versi yang lebih ganas, BMW menyiapkan versi M340i dan M340i xDrive untuk beberapa bulan ke depan dan juga versi 330e plug-in hybrid pada 2020 mendatang.

Pesaing-pesaing dari BMW seri 3 terbaru ini adalah Audi A4, Genesis G70 dan Mercedes C-Class. Tenaga mesin mencapai 255 HP dengan menggunakan mesin kapasitas 2.0L turbocharger 4-silinder dan juga 382 HP dengan mesin 3.0L turbocharger 6-silinder. Untuk transmisi menggunakan otomatis 8-percepatan.

Eksterior
Untuk eksterior, seri 3 terbaru lebih panjang sekitar 7,5cm, grille khas BMW dengan model ‘ginjal’ terlihat lebih besar dan lampu kabut yang lebih menarik. Bagasi diperbesar menjadi 36 liter lebih luas dan sistem buka bagasi tanpa tangan (hands-free trunk-opening). Penampilan eksterior tidak hanya untuk keindahan saja, tetapi juga peningkatan aerodinamika. Meskipun mobil mengalami perbesaran ukuran, BMW mengklaim terdapat pengurangan bobot sebesar 55 kg berkat penggunaan material berbahan ringan, seperti alumunium pada kap mesin dan jjuga fender.

Interior
BMW membuat perubahan pada body untuk mengurangi suara angin dan penggunaan busa dan kaca akustik untuk hal serupa. Pilar-pilar pada kaca uga dipersempit untuk jarak pandang yang lebih luas. Head-up display digunakan agar pengendara tetap fokus ke jalan dengan ukuran 70% lebih besar dan menunjukkan kecepatan, batas kecepatan, peringatan keselamatan, instruksi belok, informasi telepon dan beberapa daftar hiburan.

Untuk sistem audio terdapat dua pilihan, antara 10-speaker standar atau 16-speaker dari Harmon Kardon. Juga terdapat sistem seperti Siri yang akan membantu pengendara dengan mengucapkan ‘Hai BMW’ atau ‘Hey, BMW, I’m cold’ (BMW, saya kedinginan), maka secara otomatis suhu kabin akan meningkat 5 derajat. Dan ini merupakan cara baru memberikan perintah dengan mudah ketimbang menggunakan perintah yang berbelit.

Mesin
Mesin 2.0L mampu membawa mobil dari posisi berhenti hingga 100 km/ dalam 5,3 detik, sedangkan versi 3.0L 6-silinder dalam 4,2 detik. Tergolong cepat untuk ukuran mobil sedan.