Bukalapak

Cara Ampuh Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Kepercayaan diri pada seseorang sangatlah penting dan bisa menjadi sebuah bekal yang berguna untuk masa depan. Kepercayaan diri ini tidak bisa datang dengan sendirinya. Rasa percaya diri pada seorang anak terbentuk oleh kebiasaan dan pola asuh yang diterapkan oleh orangtua. Nah, di sinilah penting sekali bagi Anda untuk mengetahui cara menumbuhkan rasa percaya diri anak Anda.

Mulai dari Diri Sendiri

Untuk menanamkan sosok seorang yang memiliki kepribadian baik dan kepercayaan diri yang kuat, Anda harus terlebih dahulu menjelma menjadi sosok tersebut. Anak adalah cloning terbaik dari lingkungannya. Dengan menampilkan citra diri sebagai seseorang yang PD dan positif, anak akan mempelajari sendiri bagaimana untuk tampil percaya diri.

Ingat Formula 4P sebagai Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak

Untuk mewujudkan dan membangun citra yang positif dan penuh percaya diri pada buah hati, pastikan Anda menerapkan formula 4P di rumah.

Cara Ampuh Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak

  1. Pujian

Ketika anak melakukan hal kecil dan terpuji, jangan sungkan untuk memberikan pujian atas tindakannya. Pujian yang Anda lontarkan akan tertanam di dalam benak si kecil dan membantunya merasa percaya diri untuk kembali melakukan perbuatan yang terpuji. Kurangi sifat kritis Anda pada anak.

  1. Penerimaan

Tips agar anak percaya diri yang kedua adalah penerimaan. Seringkali orangtua secara tak sadar membanding-bandingkan buah hati dengan anak lain. Pahamilah bahwa setiap anak berbeda. Ketika anak lain tampil lebih bersinar, terima kenyataan tersebut dengan legawa. Jangan pernah memberi tekanan pada anak agar bisa menjadi seperti ini dan itu. Biarkan ia tumbuh menjadi dirinya sendiri.

  1. Pemahaman

Terkadang, orangtua sering lupa bahwa anak memiliki sudut pandang yang berbeda. Si kecil belum mampu berpikir secara kompleks untuk menganalisis tindakannya. Karenanya, coba sesekali tempatkan diri pada posisi yang sama dengan buah hati. Ingatkan kembali Anda dulu pernah begitu di usia yang sama.

  1. Posittif

Segala hal yang positif akan selalu berbuah positif pula. Kebiasaan kecil seperti tersenyum dengan ikhlas dan gembira bisa membawa efek positif dan semangat yang menggelora. Tunjukkan sikap positif dan ketertarikan akan apa yang tengah dilakukan atau dipikirkan si kecil.

Berbagi Energi Positif di Nutriclub

Ketahui lebih banyak mengenai cara menumbuhkan rasa percaya diri anak dengan bergabung di Nutriclub. Anda bisa dengan mudah menemukan artikel seputar tips agar anak percaya diri di situs resminya. Ditambah, Anda bisa berkonsultasi dengan expert di bidangnya tentang pemenuhan nutrisi buah hati.