Dokter Spesialis Penyakit dalam Endokrin Metabolik Diabetes: Ini Dia Penyebab Diabetes di Masa Mudah yang Perlu Diwaspadai

  • Whatsapp
Dokter Spesialis Penyakit dalam Endokrin Metabolik Diabetes: Ini Dia Penyebab Diabetes di Masa Mudah yang Perlu Diwaspadai

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan di dalam tubuh, dimana tidak mampu menggunakan glukosa darah ke dalam sel, sehingga menyebabkan glukosa menumpuk dalam darah. Penyakit ini bisa diderita oleh siapapun, baik itu orang usia tua maupun muda. Serta tidak hanya terbatas menyerang bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit ini di dalam keluarganya, namun juga beberapa orang yang memiliki pola hidup yang tidak sehat. Pada rumah sakit, penanganan penyakit ini biasanya dilakukan oleh dokter spesialis penyakit dalam endokrin metabolik diabetes.

Jika dahulu penyakit diabetes sangat identik dengan penyakit yang diderita oleh orang tua, kini Anda perlu waspada. Karena banyak sekali ditemukan penderita penyakit ini dari kalangan muda. Hal ini perlu menjadi perhatian lebih karena jika sampai menyerang anak muda, pastinya ada faktor yang melatarbelakanginya yang perlu untuk dicari tahu. Lantas apa saja penyebabnya itu? Berikut diantaranya:

Dokter Spesialis Penyakit dalam Endokrin Metabolik Diabetes: Ini Dia Penyebab Diabetes di Masa Mudah yang Perlu Diwaspadai

  • Disfungsi pankreas.

Kondisi disfungsi pankreas biasanya terjadi pada penderita diabetes tipe 1. Kondisi ini terjadi ketika pankreas tidak bisa memproduksi insulin untuk memecah makanan dan mengubahnya menjadi energy. Pankreas yang tidak mampu menghasilkan insulin dengan cukup atau tidak bisa sama sekali akan menyebabkan kadar gula darah naik dan memicu diabetes.

  • Keturunan.

Diabetes yang diderita seseorang juga bisa disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Sehingga jika anggota keluarga ada yang mengidap penyakit ini, resiko Anda untuk menderita diabetes juga lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki riwayat diabetes di keluarganya.

  • Infeksi virus.

Adanya infeksi virus bisa merusak sel-sel pada tubuh seseorang berusia muda. Hal inilah yang mampu memicu respon autoimun dan mengakibatkan fungsi pankreas tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga mengalami diabetes. Adapun jenis infeksi virus yang bisa menyebabkan diabetes, seperti coxsackievirus B, adenovirus, rubella, cytomegalovirus, dan gondong.

  • Obesitas atau berat badan berlebih.

Mengalami obesitas memang sejatinya tidak bagus untuk kesehatan, salah satunya karena bisa memicu diabetes. Hal ini pada tubuh seseorang yang obesitas akan mencegah tubuh untuk merespon insulin. Selain itu obesitas sentral atau kelebihan lemak pada bagian perut juga tidak hanya menyebabkan anak muda rentan mengalami diabetes saja, namun juga penyakit kardiovaskular lainnya. Itulah mengapa, bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih untuk berusaha menurunkan berat badan ke angka yang ideal.

  • Pola makan yang buruk.

Banyak anak muda yang kurang memperhatikan pola makan yang dijalani sehari-hari, seperti mengkonsumsi makanan junk food setiap hari, mengkonsumsi minuman manis, dll. Pola makan yang buruk inilah yang menjadi salah satu pemicu anak muda memiliki resiko terkena diabetes. Itulah mengapa penting untuk memperhatikan pola maka yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar terhindar dari diabetes.

  • Rokok dan alkohol.

Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol pada anak muda bisa berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya beresiko terkena diabetes. Hal ini lantaran rokok dan alkohol bisa menyebabkan kegiatan metabolisme tubuh terganggu dan mempengaruhi produksi insulin dalam tubuh.

Nah, itu tadi beberapa penyebab diabetes yang menyerang anak muda untuk lebih diwaspadai. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap remeh. Karena jika tidak tertangani dengan baik akan memicu komplikasi pada organ tubuh yang lain dan perlu penanganan dokter spesialis penyakit dalam endokrin metabolik diabetes. Untuk itu, hindari sebisa mungkin agar terhindar dari penyakit ini, salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat.

Pos terkait