Honda Mobilio merupakan salah satu mobil low MPV yang cukup sering mendapat facelift, dan bahkan hampir setiap tahun mobil ini juga mendapat perubahan, baik major ataupun minor change. Dalam tiga tahun terakhir secara berturut-turut PT HPM merubah Mobilio, yaitu perubahannya terlihat pada interior di 2016, perubahan signifikan pada fascia depan yakni di tahun 2017 dan terakhir minor change pada awal 2019 ini.
Akan tetapi Honda tetap konsisten untuk tidak merubah keseluruhan platform, dimensi dan juga konsep Mobilio sebagai Low MPV yang berpostur rendah dan aerodinamis. Banyak juga reviewer yang mengkritik tajam setiap perubahan Mobilio, ataupun bahkan para netizen yang lebih sadis mencela pada perubahan yang dilakukan HPM pada mobil 7-seater ini. Namun pada umumnya lebih karena perubahan yang sedikit dan tak sangat kentara.
Akan tetapi bila kita tarik dari awal sejak kehadiran Honda Mobilio, sebenarnya MPV ini juga sudah banyak berubah, baik pada tampilan luar, kemudian pada tampilan dalam ataupun fitur-fiturnya. Akan tetapi ternyata, ada hal-hal istimewa dari Honda Mobilio yang patut atau harus diapresiasi, yang membedakannya dari kompetitor dan membuat Mobilio ini sangat unik di segmennya. Keistimewaan itu sampai saat ini tidak dimiliki pesaingnya baik yang lama, ataupun yang baru saja hadir. Dibawah ini berikut keunggulan honda Mobilio yang akan membuatnya spesial dan layak dipertimbangkan oleh peminat mobil keluarga misalnya seperti:
Masuk Segmen MPV Bercitarasa Sedan
Awalnya ada dua mobil MPV bercitarasa sedan, yakni Nissan Livina dan juga Honda Mobilio. Akan tetapi setelah Nissan Livina berubah mazhab menjadi MPV bercitarasa SUV hal ini karena mengambil basis Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio sekarang menjadi satu-satunya Low MPV yang bernuansa sedan di pasar Indonesia.
Hal ini maksud dari bercitara sedan adalah nuansa interiornya, seperti pada posisi duduk yang rendah, impresi berkendara dan juga kenyamanan kabinnya. Dan kurang lebih sama dengan suasana berkendara Nissan Grand Livina pada generasi pertama. Hal ini juga membuat Mobilio punya keistimewaan dibanding dengan para kompetitornya.
Punya Kestabilan dan Fun to Drive yang Baik
Honda Mobilio juga dapat dikatakan adalah Low MPV yang paling Fun-to-Drive sampai saat ini. Terutama di versi terakhir mobil ini yang telah dilengkapi Stability Control, maka kestabilannya juga akan makin baik.
Namun pada generasi awal Honda Mobilio juga dikenal sebagai MPV yang paling fun-to-drive di kelasnya. Kemudian rasa percaya diri pengemudi jauh meningkat jika dibandingkan saat mengendarai LMPV lain misalnya seperti Avanza, Xenia atau Ertiga. Pengemudi juga masih cukup percaya diri untuk tidak menyentuh pedal rem ketika menikung dengan kecepatan 60 hingga 80 km/jam.
Dengan kestabilan tersebut didapat dari suspensi yang lebih rigit, pada dimensi yang panjang dan rendah, dan desain yang aerodinamis. Dengan kombinasi tersebut menghasilkan kestabilan dan juga kenikmatan mengemudi yang baik.
Punya Tenaga Terbesar di Kelas MPV
Tidak dapat dipungkiri bahwa Honda Mobilio merupakan Low MPV paling bertenaga di kelasnya, yaitu mempunyai mesin SOHC berteknologi i-VTEC+DBW 4-silinder berkode L15Z1, dan dengan kubikasi 1.496cc. pada mesin Mobilio tersebut juga mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 118 PS pada 6.600 rpm dan pada Torsi 145 Nm di 4.600 rpm.
Entah itu output tenaga ataupun torsi Mobilio ialah yang terbesar di kelasnya. Kompetitor lainnya yang hanya mampu menghasilkan 104 ps telah kalah 14 ps walau dengan kubikasi mesin yang sama, sementara torsi Xpander sebagai kompetitor dengan torsi terbesar kedua, juga tetap masih kalah 4 Nm dari Mobilio ini.