Ketahui Beberapa Gejala Menstruasi Tidak Normal

  • Whatsapp
Gejala Menstruasi

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, bahwa periode menstruasi perempuan berbeda antara satu dengan lainnya. Ada yang 2, 8 hingga 15 hari. Apabila periode selalu konsisten maka Anda tidak perlu khawatir. Tetapi jika mengalami beberapa atau salah satu diantara beberapa ini maka Anda perlu melakukan penanganan khusus.

Gejala Menstruasi Tidak Normal

Pernahkah Anda khawatir akan menstruasi tidak lancar? Hal ini sangat wajar, karena sebagai perempuan tidak menginginkan hal buruk terjadi. Oleh karena itu, simak beberapa gejala di bawah ini ya.

  1. Pendarahan Berat

Masing-masing wanita mempunyai volume darah yang bervariasi. Jika Anda mengalami pendarahan berat yang mengharuskan untuk gonta ganti pembalut dalam jumlah yang banyak. Maka Anda bisa langsung menghubungi Dokter Spesialis kandungan.

  1. Siklus Tidak Teratur

Normalnya, wanita mengalami menstruasi setiap 28 hari sekali. Jika tiba-tiba berubah menjadi 3 bulan sekali atau berhenti maka Anda perlu melakukan tindakan lebih lanjut. Hindari olahraga berat, penggunaan pil KB, atau jika mengalami PCOS (Sindrom Ovarium Polikistik) segera lakukan tindakan.

  1. Mengalami Kram Perut Berlebih

Bagi sebagian orang, kram perut adalah hal yang wajar pada hari pertama hingga ketiga menstruasi. Tetapi rasa sakit berlebih hingga tidak bisa melakukan aktivitas apapun. Maka Anda perlu ke Dokter untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

  1. Diare atau Muntah

Berdasarkan hasil penelitian sekitar 73% wanita pasti mengalami diaer, atau sakit perut pada masa menstruasi. Jika hal ini terjadi hanya sesekali, maka masih dianggap aman. Tetapi jika tidak wajar hingga menyebabkan dehidrasi, maka periksa ke rumah sakit terdekat adalah pilihan yang tepat.

  1. Nyeri pada Payudara

Tahukah Anda bahwa payudara sedikit melunak ketika menstruasi. Akibat dari fluktuasi kadar hormon, bahkan beberapa wanita sering mengalami sakit di ketiak karena terdapat jaringan yang disebut Tail of Spence. Jika terasa sangat sakit, Anda perlu mewaspadainya karena khawatir terjadi penyakit yang serius.

Jangan lupa untuk memperhatikan cara memakai pembalut yang baik dan benar. Pastikan terpasang dengan sempurna dan pilihlah Laurier karena mampu menyerap banyak dan Anda masih bisa bergerak bebas.

Pos terkait