Bukalapak

Langkah Tepat dalam Mengatasi Telinga Tersumbat

Mengatasi Telinga Tersumbat

Kurang pendengaran sebelah sering kali dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Kondisi yang satu ini bisa terjadi disebabkan oleh kemampuan salah satu telinga mengalami penurunan yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mulai diantaranya adalah kemasukan air, kemudian juga dapat terjadi disebabkan oleh penumpukan kotoran di salah satu bagian telinga karena jarang dibersihkan. Kondisi semacam ini memang kerap kali terjadi. Bahkan kesalahan di dalam membersihkan kotoran telinga ini, juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab telinga bermasalah.

Memang sering kali banyak orang yang asal saja mengeluarkan kotoran telinga mereka, bukannya bersih hal ini justru semakin menyumbat jalur masuknya getaran suara, sehingga kemampuan dalam mendengar juga terganggu. Berikut ini diantaranya ada beberapa langkah benar yang dapat dilakukan untuk mengatasi sumbatan telinga karena kotoran, yaitu:

  1. Gunakan obat tetes telinga ini, obat yang satu ini tentunya bisa dibeli di apotek, namun harus lewat resep dokter terlebih dahulu. Bacalah dosis dan juga ketentuan cara penggunaan. Fungsinya adalah untuk mengencerkan kotoran di dalam telinga sehingga bisa keluar dengan mudah.
  2. Tunggu selama beberapa hari dan baru dibersihkan. Ingat membersihkan telinga ini juga tidak boleh memakai sembarangan alat, benda-benda tajam dan sejenisnya tidak dianjurkan karena berpotensi merusak gendang telinga. Bahkan untuk cotton bud sendiri sebenarnya hanya akan membuat kotoran di telinga masuk kedalam dan menyumbat gendang. Sehingga proses pembersihan dilakukan hanya di area luarnya saja, ketika kotoran telinga sudah mencair secara alami.
  3. Memakai syringe, sebuah alat yang berbentuk bulat dan dapat menyemprotkan air hangat kedalam telinga, umumnya metode yang satu ini hanya dilakukan oleh dokter THT saja.

Namun jika ternyata setelah dilakukan pembersihan sumbatan kotoran telinga dengan benar, namun kemampuan mendengarkan tidak lagi optimal, maka haru diganti dengan menggunakan alat bantu dengar. Karena bisa jadi ada faktor lain yang menyebabkan cedera pada telinga. Harga alat bantu dengar ini bisa dicek di Pusat Alat Bantu Dengar Melawai.