Makan Makan Menjadi Nikmat dengan Nasi Liwet

  • Whatsapp
Makan Makan Menjadi Nikmat dengan Nasi Liwet

Nasi liwet adalah satu makanan tradisional yang memiliki cita rasa yang sangat nikmat, nasi liwet adalah salah satu makanan tradisional Jawa yang sangat terkenal dari sabang sampai Merauke, tidak sedikit di antara kita juga pasti pernah merasakan nikmatnya nasi liwet, tapi hanya sedikit yang tahu sejarah dan juga cara memasak nasi liwet nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas resep dan juga cara memasak nasi liwet, tapi untuk kalian yang tidak mau ribet ada alternatif yang sangat pas untuk anda gunakan ketika anda ingin makan nasi liwet, yaitu dengan pesan nasi liwet.

Berikut ini adalah resep dan juga cara memasak nasi liwet. Nasi liwet adalah nasi yang di masak dengan cara liwet, nasi liwet merupakan salah satu makanan khas jawa dari solo atau lebih tepatnya yaitu Surakarta, sejarah nasi liwet ini kerap kali di kaitkan dengan tradisi masyarakat jawa salah satunya yaitu untuk tolak bala, nama nasi liwet di ambil dari cara memasaknya yaitu dengan cara di liwet, nasi liwet jua memiliki banyak jenis jenis seperti, nasi liwet solo, nasi liwet sunda, nasi liwet teri, nasi liwet cumi asin dan juga masih banyak lagi. Setiap jenis nasi liwet mempunyai ciri khasnya masing masing yang dapat membedakan satu dengan yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang riwayat atau sejarah nasi liwet solo dan juga resep dan cara masaknya. Menurut sejarah nasi liwet solo atau cara memasak nasi dengan cara liwet telah tercatat dari tahun 1814 hingga 1823 yang kemudian tersebar ke berbagai wilayah nusantara, hingga tak heran lagi jika sebagian besar wilayah di Indonesia telah mengenal cara masak nasi dengan cara liwet.

Berikut ini adalah resep dan cara masak nasi liwet solo yaitu sebagai berikut:

  • Bahan yang di perlukan dalam membuat nasi liwet khas solo yaitu: ½ Kg beras (cuci hingga bersih dan rendam selama 2 jam), ½ liter santan kental, 3 lembar daun pandan, 4 lembar daun salam, 2 batang serai (geprek hingga gepeng), ½ sendok makan garam.
  • Bahan untuk pembuatan ayam areh yaitu: ayam kampung di potong menjadi 6 bgaian, 1 sdt ketumbar halus, 2 sdm gula merah, 2 gelas, air kelapa, 1 sdt garam dan 2 lembar daun salam.
  • Bumbu halus ayam areh; 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 3 cm lengkuas, 4 butir kemiri, ½ sdt terasi
  • Bahan santan areh, 1 gelas santan kental, 3 cm lengkuas, 4 lembar daun salam, dan ½ sdt garam.

Langkah langkah pembuatan nasi liwet

  1. Beras yang sudah di cuci dan di rendam di masukan ke dalam kastrol.
  2. Tambahkan santan, daun pandan, daun salam, lengkuas, dan juga garam kemudian aduk hingga merata.
  3. Biarkan hingga santan meresap dan menyusut, dengan menggunakan api yang kecil.
  4. Setelah matang, angkat dan sisihkan.

Langkah pembuatan ayam aareh

  1. Rebua ayam dengan air kelapa.
  2. Tambahkan bumbu yang sudah di haluskan.
  3. Tambahkan daun salam.
  4. Kemudian tunggu hungga ayam empuk dan matang.
  5. Angkat dan sisihkan.

Cara membuat santan areh

  1. Masak semua bumbu hingga mendidih dan mengental.

Untuk penyajiannya, ambil nasi liwet secukupnya, tambahkan ayam areh kemudiaan siram dengan santai areh, nasi liwet siap di hidangkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan