Saat ini media sosial menjadi platform promosi paling efektif. Beberapa contoh media sosial yang menawarkan fitur business seperti Facebook, Instagram, Pinterest, hingga YouTube memiliki kelebihan masing-masing.
Salah satu yang paling banyak digunakan adalah Instagram, ada beberapa alasan menggunakan Instagram untuk bisnis. Secara umum, efektivitasnya untuk menjangkau audiens lebih mudah, apalagi dengan konten visual yang disukai banyak orang.
Nah, di artikel kali ini kita akan menjabarkan beberapa manfaat Instagram untuk bisnis kamu. Jadi, simak baik-baik ya! Kamu juga tentunya harus tambah followers ig agar bisnis kamu semakin di kenal oleh banyak orang.
Manfaat Instagram untuk Bisnis
Instagram sangat cocok untuk melakukan promosi pada bisnis apa saja. Mulai dari jenis bisnis kuliner, fashion, furniture, kecantikan, bahkan otomotif juga bisa. Selain produk, bagi pemilik layanan juga bisa mempromosikannya melalui media sosial instagram ini.
Berikut ini adalah beberapa manfaat instagram untuk bisnis yang harus kamu ketahui. Apa saja?
1. Mudah Mempromosikan Produk dan Layanan
Seperti yang sudah kita singgung diatas tadi, instagram menawarkan fitur fungsional untuk memudahkan penggunanya melakukan suatu kegiatan promosi produk atau layanan.
2. Menjangkau Audiens dengan Lebih Luas
Berdasarkan data dari Statista, Instagram memiliki pengguna aktif bulanan sebanyak 1 miliar dan lebih dari 500 juta orang per hari. Wow, menarik bukan?
Menariknua lagi, pengguna itu rata-rata menghabiskan waktu hingga 53 menit, dimana waktu tersebut hampir menyamai Facebook dengan rata-rata waktunya 58 menit.
Dari data itu, bisa disimpulkan jika kamu memiliki kesempatan besar untuk menjangkau audiens baru yang belum mengenal bisnis kamu sebelumnya. Karena itu, manfaat instagram untuk bisnis memang sudah tidak diragukan lagi.
3. Angka Penjualan Meningkat
Tak hanya sebatas mempromosikan bisnis jasa, Instagram juga memiliki beberapa fitur yang dapat meningkatkan angka penjualan. Faktanya, sepertiga pengguna Instagram sering kali melakukan pembelian secara langsung melalui aplikasi ini.
Dibawah ini adalah beberapa contoh fitur fungsional Instagram yang bisa meningkatkan penjualan kami, yaitu:
- Tombol Call-to-action : mendorong audiens melakukan suatu tindakan seperti pembelian produk.
- Instagram Checkout : memungknkn audiens melakukan seluruh proses pembelian produk langsung dari Instagram tanpa harus keluar dari aplikasinya.
4. Mengoptimalkan Visibilitas Online Bisnis
Dengan strategi yang benar, Instagram dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan visibilitas online bisnis kamu. Contohnya, kamu bisa menggunakan hashtag tertentu untuk membuat konten semakin mudah ditemukan di halaman explore Instagram.
Bagi pemilik akun business, Instagram juga menawarkan fitur tambahan yang akan membuat akun kamu semakin profesional dan juga memikat hati audiens. fitur-fitur tersebut yaitu kategori bisnis, website, info kontak dan call-to-action.