Bukalapak

Mau Hemat Kuota Internet? Bisa Coba Cara Ini

Kuota internet kini sudah menjadi pengeluaran rutin yang harus dihitung setiap bulan, meski terkadang masih bisa menguras kantong dengan tenang. Penggunaan internet yang tidak terkontrol dapat menyebabkan berkurangnya kuota internet bulanan. Pada akhirnya, Anda harus membeli paket kuota internet baru yang mungkin tidak murah, atau bahkan menyedot kredit karena Anda tidak menyadari paket itu hilang.

Cara yang sering ditemukan untuk menghemat kuota internet diakali oleh penggunaan WiFi. Namun, tidak semua tempat menyediakan WiFi gratis sementara internet hampir dibutuhkan di setiap tempat dan waktu. Mari kita coba cara-cara berikut untuk menghemat kuota internet Anda.

Hemat Kuota Internet

Menyimpan kuota melalui aplikasi ‘Maps’

Jarang diperhatikan, ternyata fitur Maps ini cukup menguras kuota internet. Aplikasi Peta ini akan menghabiskan lebih banyak data jika Anda menggunakannya untuk layanan navigasi built-in, arah belokan demi belokan, melihat lalu lintas secara real time atau melihat peta dalam mode satelit.

Untuk mengatasi kuota yang boros dalam menggunakan aplikasi Peta ini, Anda dapat mengubah pengaturan Peta ini dari mode online ke mode offline. Untuk platform Android, Anda dapat menyentuh Bilah Pencarian di atas aplikasi Maps.

Setelah itu Anda dapat memindahkannya ke bawah hingga Anda melihat opsi “Simpan peta untuk menggunakan offline”. Dari sini Anda dapat memilih opsi simpan untuk beralih ke mode offline. Untuk platform iOS, Anda dapat pergi ke pengaturan> privasi> lalu matikan opsi ‘Layanan Lokasi’.

Bagaimana Cara menghemat Kuota ?

Gunakan browser yang lebih efisien

Masih tidak terduga, ternyata pemilihan browser Anda juga bisa menjadi penyebab kuota cepat Anda terkuras. Ada juga yang menduga bahwa kinerja browser default atau browser default smartphone kurang efisien dalam hal pemanfaatan kuota internet.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengunduh dan menggunakan peramban yang lebih efisien seperti Opera Mini. Browser ini sudah terbukti secara luas dan diyakini secara luas mampu menyimpan kuota data internet dengan cara utama dengan mengompres situs web yang akan dikunjungi.

Dengan fitur penyimpanan data “peningkatan video”, Anda juga mengurangi proses buffer dan dapat mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu menyedot data internet yang besar. Untuk informasi lebih lengkapnya kunjungi website https://kuotabro.com/.

Selain Opera Mini, browser alternatif lain adalah Google Chrome. Tapi, ada trik untuk menggunakan Chrome juga. Caranya adalah dengan membuka Chrome, sentuh ikon tiga titik di kanan atas, pilih Pengaturan, lalu sentuh Bandwidth dan pilih Penghemat Data untuk mematikan penyimpanan data.

Nonaktifkan fitur sinkronisasi aplikasi yang tidak diinginkan

Ada banyak aplikasi di ponsel Anda yang menyinkronkan atau memperbarui bahkan ketika tidak digunakan. Untuk mengatasinya, Anda dapat mematikan atau mematikan sinkronisasi otomatis di beberapa aplikasi yang jarang digunakan.Untuk Android, Anda dapat pergi ke Pengaturan> Akun> lalu pilih akun yang tidak ingin Anda sinkronkan.

Gunakan aplikasi penyimpanan data

Media sosial seringkali menjadi sumber utama kuota Anda terkuras. Kemudian cobalah beralih ke aplikasi media sosial dalam versi yang lebih efisien data. Seperti Facebook Lite, Twitter Lite, Instagram Lite atau YouTube Go.

Hanya perbarui aplikasi jika terhubung ke WiFi

Selanjutnya, tips dan trik yang efektif untuk dapat menghemat kuota internet adalah membatasi pembaruan aplikasi hanya ketika terhubung ke WiFi. Terkadang kita tidak mengetahui beberapa aplikasi yang membutuhkan pembaruan (update) ternyata secara otomatis melakukan pembaruan menggunakan kuota yang kita miliki.