Bukalapak

Pengertian Polis Asuransi Serta Fungsinya

Dalam asuransi, kita tahu beberapa istilah yang cukup sering disebut. Salah satunya adalah polis asuransi. Istilah “kebijakan” di telinga Anda, bukan? Namun, apa sebenarnya yang disebut polis dalam asuransi?

Apakah Anda pernah menganggap serius apa kebijakan dan manfaatnya? Sementara di dunia asuransi, istilah-istilah seperti polis penting untuk diketahui karena fungsinya lebih penting daripada definisinya.

polis asuransi

Pengertian Kebijakan Asuransi dan Ketentuan Terkait Lainnya

Ada beberapa istilah penting dalam asuransi yang harus Anda ketahui. Mengapa Anda Perlu Tahu polis asuransi ini? Tentu saja Bagaimana Anda bisa menjalankan proses dalam asuransi jika Anda tidak tahu arti istilah yang terkait dengan asuransi?

Misalnya, Anda dibayar untuk membayar setiap bulan, tetapi karena Anda tidak tahu apa itu premium, maka Anda tidak membayarnya. Contoh ini cukup fatal jika itu benar-benar terjadi pada Anda. Untuk alasan ini, ketentuan berikut akan dibahas dari istilah yang sering Anda dengar dari perusahaan asuransi.

Premium

Premi adalah jumlah uang yang harus dikeluarkan setiap bulan dengan jumlah tertentu sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Premium adalah sesuatu yang harus disetujui oleh seseorang yang terdaftar di perusahaan asuransi.

Kebijakan

Polis adalah perjanjian tertulis yang memuat perjanjian perusahaan asuransi dengan pihak tertanggung. Dengan kata lain, kebijakan tersebut adalah bukti bahwa cakupan hukum telah terjadi. Misalnya, Anda mendaftarkan asuransi untuk kendaraan yang dipindahkan. Ketika Anda telah menyelesaikan perjanjian dengan perusahaan asuransi, Anda akan mendapatkan kebijakan standar perusahaan asuransi kendaraan Indonesia.

Klaim

Klaim atas permintaan resmi yang diminta oleh tertanggung di perusahaan asuransi. Permintaan terdiri dari permintaan pembayaran berdasarkan ketentuan perjanjian. Permintaan akan diprakarsai oleh perusahaan dan akan disetujui oleh tertanggung jika harus disetujui.

Penangguhan/Penanggung

Suspender atau perusahaan asuransi adalah mereka yang menyediakan layanan asuransi yang memberikan jaminan untuk kemungkinan yang terjadi. Penangguhan atau perusahaan asuransi dapat disebut perusahaan asuransi yang dapat menjadi lembaga swasta atau milik negara. Contoh-contoh tugas penanggung harus disetujui oleh polis asuransi kesehatan setelah membuat perjanjian dengan tertanggung.

Ditangguhkan/Diasuransikan

Ditangguhkan atau diasuransikan adalah orang atau sekelompok orang yang membutuhkan layanan yang ditawarkan oleh punggawa atau perusahaan asuransi yang disegani. Dalam hal ini, tertanggung adalah harta benda, kendaraan, rumah Anda, atau aset lain yang Anda miliki di perusahaan asuransi.

Fungsi Utama Polis Asuransi

Dalam asuransi, fungsi kebijakan penting bagi pihak tertanggung dan perusahaan asuransi. Jika proses persetujuan awal tidak menggunakan kebijakan, tidak ada jaminan bahwa perjanjian itu valid. Jadi berhati-hatilah jika Anda ditawari asuransi tetapi prosesnya tidak menyebutkan polis.

Itu bisa menjadi bentuk kesepakatan. Periksa juga lembar kebijakan. Jika Anda mendaftar untuk asuransi jiwa, polis tersebut harus merupakan polis asuransi jiwa. Fungsi kebijakan untuk tertanggung adalah bukti tertulis dari pertanggungan asuransi, bukti pembayaran premi untuk penanggung, dan bukti verifikasi untuk menanyakan kepada penanggung jika tidak memenuhi jaminan.

Sementara fungsi polis asuransi untuk penanggung adalah bukti tertulis dari Jaminan yang diberikan. Selain itu, juga sebagai klaim yang disetujui untuk menolak klaim atau kompensasi jika menyebabkan kerugian yang tidak sesuai dengan persyaratan dalam polis. Semoga dengan adanya artikel kali ini bisa bermanfaat untuk Anda semuanya. Terima kasih sudah berkunjung ke web ini.