Bukalapak

Traveling Murah ala Backpacker? Ini Dia 5 Spot Wisata Gratis yang Bisa Anda Kunjungi di Depok

Kata siapa kalau ingin liburan harus menyiapkan uang banyak? Pada dasarnya hampir setiap kota di Indonesia punya setidaknya satu atau dua destinasi wisata yang tidak memungut biaya mahal. Beberapa di antaranya bahkan gratis. Tak heran jika lokasi-lokasi semacam ini kerap menjadi incaran wisatawan yang liburan ala backpacker dengan bujet terbatas.

Wisata di Depok

(sumber : medium.com)

Di Depok, Anda juga bisa menemukan atraksi-atraksi wisata yang meskipun tidak dikenakan biaya untuk masuk, tetap memiliki daya tarik tersendiri. Simak 5 di antaranya berikut ini!

  1. Hutan Kota UI

Meskipun Depok termasuk kawasan perkotaan, Anda tetap bisa menikmati sejuknya udara di sini. Hutan seluas kurang lebih 90 hektar yang berada di lingkungan Universitas Indonesia adalah tempatnya. Dengan vegetasi yang beragam, kawasan resapan air yang juga menjadi tempat penelitian mahasiswa ini memiliki 6 danau di dalamnya. Ada Danau Kenanga, Salam, Ulin, Agathis, Mahoni dan Puspa. Dengan pemandangan asri, Anda bisa berjalan-jalan di sekeliling danau sembari berburu foto.

  1. Taman Lembah Gurame

Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah untuk membuat Depok semakin asri adalah dengan membangun lebih banyak taman-taman kota. Salah satunya adalah Taman Lembah Gurame yang berada dekat dengan Jalan Raya Gurame, Depok Jaya.

Di taman ini, Anda bisa menghabiskan waktu mengobrol atau sekadar duduk membaca buku di atas gazebo. Ikan-ikan di kolam juga menjadi daya tarik tersendiri yang bisa Anda sakskikan, tentu saja tanpa dipungut bayaran sepeser pun.

  1. Taman Lembah Mawar

Satu lagi taman kota di Depok yang bisa jadi opsi liburan murah Anda, Taman Lembah Mawar. Meskipun hanya berada di atas lahan seluas 13.200 meter persegi, Anda bisa menemukan taman bermain anak, fasilitas gym hingga arena jogging. Kalau sedang lelah setelah seharian berkeliling kota, tidak ada salahnya mampir ke taman yang beralamat di Jalan Mawar Raya, Depok Jaya, Pancoran Mas ini.

  1. Kampung Geulis

Wisata kekinian dengan lukisan mural atau lukisan 3D memang semakin populer di berbagai tempat di tanah air. Tidak terkecuali di Depok. Beralamat di Jalan Rebana IV, Depok II, Anda bisa menemukan sebuah kampung yang tembok, dinding rumah hingga jalanannya diubah menjadi kanvas dengan dengan lukisan warna-warni. Beberapa di antaranya dibuat dengan teknik 3 dimensi.

Untuk Anda yang ingin berburu foto, ada 20 buah titik dengan lukisan bertema Indonesia mulai dari pemandangan hingga hewan-hewan khas nusantara. Meskipun tidak dikenakan biaya, tapi kehadiran wisatawan ke Kampung Geulis sudah berhasil meningkatkan perekonomian warga setempat.

  1. Masjid Kubah Emas

Memiliki nama asli Masjid Dian Al-Mahri, rumah ibadah umat Islam yang beralamat di Jalan Raya Meruyung Limo, Depok ini adalah salah satu tempat tujuan wisata religi di Depok. Masjid bergaya arsitektur Timur Tengah ini merupakan masjid termegah di Asia Tenggara. Karena unik dan bisa dikunjungi tanpa harus membayar biaya masuk, masjid ini tidak pernah sepi jemaah yang datang dari berbagai wilayah baik dalam maupun luar negeri.

Itulah beberapa tempat wisata yang tidak mengenakan biaya masuk di Depok. Dan meskipun destinasi-destinasi yang sudah disebutkan itu bisa dinikmati dengan gratis, para pengunjung tentu saja tetap harus berwisata dengan sopan dan kondusif.

Untuk Anda yang sedang merencanakan liburan backpacker, ada banyak sekali pilihan hotel di Depok. Dapatkan harga terbaik dengan beragam promo menarik dengan booking hotel melalui Airy. Hanya di Airy kamu bisa mendapatkan akomodasi yang nyaman sekaligus ramah di kantong!